Al-Quran

Listen to Quran

Rabu, 26 September 2012

Brain Cleaning

Ijinkan saya untuk berbagi sebuah teknik bagaimana membersihkan pikiran kita . Nama tekniknya adalah BRAIN CLEANING . Teknik yang SIMPLE , EASY tapi sangat POWERFULL dan EFEKTIF untuk pikiran anda .



Di jaman sekarang dimana kita dibanjiri oleh jutaan informasi setiap saatnya / Information overload, kita hampir tidak bisa menenangkan pikiran kita barang sejenak karena banyaknya informasi yang membanjiri kita . Baik dari TV , radio , koran , majalah , email , BBM , facebook , twitter , billboard dsb . Tahukah anda bahwa kebanyakan informasi yang kita serap setiap saatnya adalah informasi sampah alias useless dan tahukah anda bahwa otak kita perlu istirahat / downtime setiap harinya ? ....bukan seminggu sekali , tiga bulan sekali apalagi setahun sekali . Seberapa sering kah anda merasa seolah-olah anda sudah tidak bisa berpikir jernih lagi ? di saat semakin dipikir rasanya malah semakin rumit dan jalan keluar seperti tidak terpikir lagi oleh kita. Dengan teknik BRAIN CLEANING ini nantinya akan membuat otak anda bisa lebih terorganisasi , efektif dan efisien dalam mengolah informasi sehingga output yang dikeluarkan baik berupa keputusan atau pun pilihan yang anda buat akan lebih berkualitas , anda akan menjadi lebih kreatif , memiliki mental yang kuat , memiliki fokus yang baik terhadap solusi dan lebih memikirkan hal yang positif



Albert Einstein pernah berkata bahwa “ Rata – rata manusia hanya memanfaatkan 10 % saja dari total kapasitas otak yang mereka miliki “ . Bayangkan bila kita bisa memanfaatkan sampai 20 % saja dari total kapasitas otak kita , akan bagaimana perubahan yang bisa terjadi di dalam kehidupan kita . Pasti akan dahsyat efeknya .

Banyak sekali ide-ide hebat muncul disaat Kinerja otak sedang dalam keadaan terbaik yaitu di saat kita tidak sedang mengerjakan apa-apa dan tidak memikirkan sesuatu tidak terlalu berat / relax state.



Teknik yang akan kami bagikan ini sangat berharga dan sudah dipakai oleh banyak ahli dan pembicara sukses di luar sana . Teknik ini hanya memerlukan sarana yang sederhana dan murah untuk anda praktekkan .

Setiap hari rata-rata kita memiliki sekitar 65.000 macam pikiran yang berkeliaran di dalam otak kita tanpa kita sadar dan kadang tidak bisa kita kendalikan . Dan kebanyakan dari 65.000 itu adalah pikiran negatif / LOW ENERGY THOUGHT seperti :

- Cemas

- Ragu-ragu

- Berburuk sangka

- Frustasi

- Takut

- Kebencian

- Cemburu

- Putus Asa

- Rasa bersalah

- Merasa selalu kekurangan

- Dan masih banyak lagi lainnya



Sedang lawannya adalah Pikiran Positif / HIGH ENERGY THOUGHT seperti :

- Rasa senang

- Cinta

- Bahagia

- Penuh apresiasi

- Empati

- Kebebasan

- Hasrat yang tinggi / passion

- Antusias

- Optimis

- Penuh asa

- Tenang

- Memiliki keyakinan

- Berani

- Dan sebagainya



Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tubuh tunduk dan dipengaruhi oleh pikiran dominan yang kita hasilkan. Sehingga kualitas dari apa yang kita pikirkan apakah kita selalu berpikir di HIGH atau LOW Energy akan berpengaruh kepada kinerja dari tubuh kita . Ini berarti apapun yang secara berulang kita pikirkan menghasilkan perasaan atau emosi yang akan dapat dirasakan dan di respon oleh tubuh kita . Pengulangan pikiran yang positif akan menghasilkan emosi yang positif dan begitu pula sebaliknya pengulangan pikiran yang negatif akan menghasilkan emosi yang negatif pula .



Sepanjang hidup anda sampai saat ini tentu sudah tak terhitung lagi banyaknya pikiran negatif yang pernah ada di dalam pikiran anda . Tahukah anda setiap pemikiran kita akan disimpan dan dalam jangka waktu yang lama akan menciptakan semacam tumpukan di dalam pikiran kita yang jika dibiarkan karena ketidak sadaran akan tercipta kabut yang bisa menghambat atau memperlambat kita dalam berpikir atau merespon . Dalam dunia mental science kita menyebutnya “ MENTAL FOG “

Mental Fog ini akan menghalangi anda untuk bisa melihat jauh kedepan dan akan membuat pikiran anda menjadi tidak jelas . Sama persis saat kita sedang mengendarai mobil di tengah cuaca sedang berkabut . Jarak pandang kita akan terbatas dan sulit untuk bisa melihat dengan jelas . Dalam kehidupan nyata Mental Fog menyebabkan kita menjadi tidak jelas terhadap apa yang kita inginkan .



Mental Fog yang dibiarkan dalam jangka waktu lama akan bisa membuat anda kecewa dan stress . Pikiran negatif akan menambah intensitas dari Mental Fog . Pikiran negatif akan memperlambat cara berpikir dan meningkatnya kesulitan dalam memutuskan sesuatu . Pikiran yang tidak dibersihkan dari pikiran negatif ini akan terus bertambah dan anda bawa sepanjang hidup anda . Sehingga makin memperberat situasi yang anda hadapi . Pikiran negatif yang selalu anda bawa ini mengisi ruang-ruang di otak anda yang sebenarnya sangat berharga untuk di isi dengan pikiran negatif dan parahnya pikiran negatif ini memperlambat kerja dari otak anda juga . Mereka mengalihkan perhatian anda dan mengaburkan arti dari apa yang seharusnya penting untuk hidup anda . Jadi berhati-hatilah terhadap apa yang anda masukkan ke dalam pikiran anda mulai saat ini .



Kebanyakan dari kita tidak benar-benar tahu apa yang sebenarnya yang kita inginkan dalam hidup ini. Kebanyakan dari kita terus mengganti-ganti apa yang kita inginkan sehingga akhirnya pikiran kita menjadi tidak focus . Pikiran kita tidak akan bisa mendapatkan apa yang kita inginkan bila kita tidak tahu apa yang sebenarnya kita inginkan dan pikiran kita akan menjadi bingung untuk mewujudkan apa yang kita inginkan bila kita terus menerus mengubah apa yang kita inginkan .



Pikiran anda sangat mirip dengan RAM di komputer yang mengakses banyak informasi dan untuk menjaga agar kinerja komputer anda selalu dalam keadaan baik maka selalu harus di reboot dan di defragment sehingga data – data yang tidak terpakai / useless akan dibuang dan akan tersedia ruang untuk komputer anda menyimpan data lain yang lebih berguna. Hal yang sama berlaku dengan otak anda dimana dia perlu untuk di reboot dan di defragment dengan teknik BRAIN CLEANING hanya hal ini jauh lebih POWERFULL dibandingkan dengan reboot dan defragment pada komputer anda . Karena pikiran anda adalah SUPER COMPUTER yang bisa mengerjakan dan mewujudkan apa saja .



Yang perlu anda siapkan untuk memulai BRAIN CLEANING ini adalah :

- Pulpen

- 3 kertas kosong atau bloknote

- Tepat yang tenang ( tempat dimana anda tidak akan tergangu sehingga bisa berkonsentrasi )



Dilarang keras anda melakukannya dengan komputer ataupun laptop . Karena efek yang dihasilkan akan sangat jauh berbeda .



“Saat anda menuliskan apa yang ada di dalam pikiran , anda sedang menyalurkan energi yang ada di dalam pikiran anda kedalam bentuk tulisan sehingga pikiran yang tadinya berputar-putar di dalam pikiran anda berubah menjadi sesuatu yang real atau secara fisik bisa terlihat “



Ok mari kita mulai teknik BRAIN CLEANING yang pertama :

1. Super TO DO LIST

Di kertas yang pertama tuliskan semua hal yang harus anda lakukan saat ini , satu jam kedepan , dua jam kedepan , satu hari , satu minggu , satu bulan , satu tahun , 2 tahun , 5 tahun dan 10 tahu kedepan . Sebgai contoh bila saat ini anda harus makan maka tulis kan , bila anda teringat harus membayar cicilan rumah minggu depan maka tuliskan . Bila anda harus bicara dengan bos anda maka tuliskan . Beli baju , ceana , kaos kaki , sabun mandi atau apa pun . Tuliskan apa saja yang harus anda lakukan sepanjang hidup anda saat ini dan dimasa depan . Tulislah sebanyak yang anda mampu . Jangan pedulikan walaupun yang harus anda lakukan itu hanyalah tugas ringan atau berat . Tuliskan saja !! . Kerahkan dan peras pikiran anda untuk menemukan apa yang harus anda lakukan . Sampai anda merasa pikiran anda sudah tidak mampu lagi untuk berpikir karenaa semua yang harus anda lakukan sudah anda tulis semua .

Bisanya butuh waktu 30 – 60 menit untuk menuliskan Super TO DO LIST ini . Bisa saja sesuatu yang berhubungan dengan keluarga , bisnis , pekerjaan , hubungan atau apapun . Dan biasanya satu TO DO LIST akan menuntun anda kepada TO DO LIST LAINNYA . Jangan berhenti menulis sampai anda tidak bisa menulis lagi . Kosongkan semua TO DO LIST di dalam pikiran anda tuangkan kedalam tulisan anda .

Setelah anda merasa cukup maka istirahatlah dahulu . Relaks kan tubuh anda , minum teh atau kopi setelah anda merasa siap maka mari kita lanjutkan ke langkah berikutnya



2. SUPER DREAM

Ambil kertas kosong yang kedua dan sekarang tuliskan semua hal yang anda inginkan dan sangat anda inginkan . Apa saja yang anda inginkan dalam hidup ini . Bisa sesuatu yang bersifat material atau non material . Tidak benar atau salah disini . Tuliskan saja semua yang anda inginkan di kertas kedua ini .

Di tahapan yang kedua ini anda diharuskan mengerahkan semua imaginasi kreatif yang anda miliki untuk anda tuliskan di kertas kosong anda . Jangan batasi Imaginasi anda . There’s NO LIMIT . Jika anda ingin hidup di planet MARS , rumah terbesar di bumi , istri yang paling cantik di muka Bumi maka tuliskan lah . Apapun itu !! Bayangkan saja anda bisa menjadi , memiliki dan berbuat apa saja yang anda inginkan . Jangan lupa untuk menuliskan detail dari apa yang anda inginkan . Setelah anda merasa tidak sanggup lagi untuk menulis maka tinggalkan kertas yang berisi tulisan anda . Take a Break dan lupakan apa yang sudah anda tulis . Jangan dipikirkan . Bila anda sudah merasa cukup berenergi maka kembali untuk langkah selanjutnya .



3. SUPER FEAR

Ambil kertas kosong berikutnya lalu sekarang tugas anda adalah menuliskan apa saja yang bisa membuat anda takut dalam menjalani hidup ini . Bisa binatang , personal , financial , imaginary , nyata atau apapun. Apakah anda takut dengan singa , hantu , kecoa atau kegelapan maka tuliskan lah . Gunakan waktu sesuka anda . Tuliskan semua yang anda takuti , kosongkan pikiran anda dari semua hal yang menakutkan anda .

Setelah semua hal yang anda takutkan anda tuliskan maka anda secara sadar membawa semua ketakutan anda ke alam sadar anda . Ketakutan yang selama ini hidup dalam pikiran anda sekarang bisa anda lihat dan dari setiap ketakutan yang anda tuliskan ternyata setelah anda cermati anda sebenarnya bisa mencarikan jalan keluarnya sehingga anda merasa anda seharusnya tidak perlu merasa takut lagi. Istirahatlah dan kembali bila anda merasa sudah cukup bertenaga lagi .



4. READ IT

Langkah ke empat adalah anda membaca semua yang anda atulis dengan suara yang lantang . Membacanya dengan suara lantang akan membuat pikiran anda lebih terorganisir dan teratur . Yang pertama anda baca adalah SUPER TO DO LIST , SUPER DESIRES dan SUPER FEARS . Bila selama anda membacanya telintas pikiran tertentu berkaitan dengan yang anda baca saat itu maka tuliskan juga .



5. FINDING SOLUTION

Setelah anda membaca semua maka sekarang waktunya anda mencari solusi dari setiap yang anda tulis yang sekiranya mampu anda lakukan segera saat ini . Dengan cara ini kita sudah membelokkan oikiran kita untuk lebih focus terhadap solusi dibandingkan dengan semua masalah yang kita sudah tuliskan . Hal ini akan membuat pikiran kita menjadi lebih baik . Sedikit demi sedikit Mental Fog yang kita miliki akan bisa terurai . Pada akhirnya kita akan memiliki pola pikir yang berbeda dari sebelumnya . Sehingga kita akan merespon dengan cara yang berbeda terhadap persoalan yang kita hadapi dan dapat menghasilkan solusi yang lebih efektif , efisien , focus , kreatif dan rasional dari sebelumnya .



6. PRIORITIZE

Buat prioritas dari SUPER TO DO LIST , mana yang sekiranya bisa anda lakukan dalam waktu dekat . Bedakan tingkat urgensi dan kepentingannya .



Lakukan teknik ini beberapa kali dalam 1 tahun maka hidup anda akan menjadi lebih baik dan lebih efisien . Di lain waktu anda melakukannya pasti akan bisa lebih cepat karena pikiran anda sudah menyimpannya dengan baik dan teratur di tempatnya .



Bila anda merasakan manfaat dari teknik BRAIN CLEANING ini maka informasikan kepada teman atau keluarga anda semua .